Cara Membangun Natural Backlinks Sehat Berkualitas

02.33
Banyak artikel yang mengatakan bahwa google telah melakukan update algorithma mereka yang menjadikan beberapa blogger pengguna SEO cara lama kelabakan, tetapi sebuah fakta mengatakan bahwa ada 2 faktor yang menentukan highest rank sebuah blog dan faktor tersebut tidak akan berubah oleh adanya algorithma baru. Faktor tersebut adalah " konten dan backlinks yang berkualitas ".  Bagaimanapun juga Google tidak akan mengabaikan sebuah blog dengan konten yang dapat membantu orang lain dalam mendapatkan informasi yang diinginkan selengkap mungkin.

Cara Membangun Natural Backlinks Sehat Berkualitas
Mungkin ini adalah pernyataan basi, karena memang dari dulu dua hal itu tidak pernah berubah seiring dengan perubahan alogarithma berkali-kali. Membangun blog dengan konten yang baik akan selalu mendapatkan penghargaan tertinggi oleh Mbah Google. Sementara membangun backlink yang sering kali digelitiki oleh sistem alogarithma. Tak, karena memang sudah terlalu banyak penggiat SEO menggunakan teknik membangun backlink ini dengan membabi buta tanpa memperhatikan relevansi dan kualitas backlink karena sekedar mengejar kuantitasnnya saja.

Mungkin kamu sudah tahu dari para ahli SEO bahwa memperbanyak link adalah hal efektif yang harus selalu dikejar untuk meningkatkan rank di searck engine. Tetapi beberapa mungkin merasa heran dengan backlink yang seabrek tetapi tidak sebanding dengan rank atau bahkan trafik. (Saya pernah mengalaminya). Ini karena memang kuantitas backlink sudah benar-benar bukan lagi prioritas mbah google dalam menentukan ranking sebuah blog. Tetapi apakah ini berarti backlink yang banyak tidak akan bermanfaat ? Tentu saja masih, tetapi alogarithma  akan menghitung berapa backlink yang kamu buat tersebut memiliki kualitas dan relevansi dengan artikel dalam blogmu.

Jadi kesimpulan mengenai backlink ini adalah tidak untuk diabaikan tetapi untuk diperbaiki mulai dari sekarang. Karena bagaimanapun juga, hanya backlink yang bisa membantu artikelmu untuk tetap berada di halaman pertama pencarian google. Intinya, " konten dan backlinks yang berkualitas " adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Nah, untuk hal ini, terdapat 6 langkah yang tepat untuk membangun backlink berkualitas tetapi secara natural. Meskipun beberapa diantaranya adalah teknik yang sudah banyak dijabarkan oleeh banyak ahli SEO, tetapi beberapa diantaranya dapat memaksimalkan backlink- mu.

1. Artikel yang unik dan mengulas secara detail.

Harus kita pahami bahwa ;  jika ingin seseorang mengarahkan anchor nya ke salah satu artikelmu, kamu harus membuat mereka berfikir bahwa artikelmu memilik nilai lebih dan bermanfaat yang layak mereka rekomendasikan kepada orang lain. Setidaknya artikelmu bisa memberikan solusi atas masalah yang mereka hadapi. Karena itulah alasan mereka browsing di internet.

Ini sepertinya suatu hal yang sulit, tetapi percayalah, kesulitan itu karena hanya kamu pikirkan. Diinternet semua informasi sudah tersedia. Kita tinggal mencari mendapatkan sebuah masalah - searching solusi yang relevan di internet - kemudian kita ketik ulang dengan gaya bahasa kita. Itu saja.

2. Photo Post atau Infografik

Ada dua alasan sederhana mengapa sebuah postingan dengan banyak foto akan di share secara viral :
Sebagian besar orang tidak ahli dalam mengedit foto menjadi menarik. Atau meskipun mereka ahli, tetapi akan memakan lebih banyak waktu untuk membuat foto sendiri. Itulah mengapa sebagian dari mereka memilih mengambil sebuah foto di internet atau bahkan me-share-kan link URL secara langsung.

Jika foto tersebut merupakan sebuah Infografik, maka akan semakin banyak orang yang memilih untuk mengambil URL gambar ke situs asli. Alasannya sangat sederhana, karena gambar infografik rata-rata memiliki ukuran yang besar yang menghabiskan banyak bandwidth. Sementara jika mereka memilih mendownload dan reupload kembali ke salah satu situs penyimpanan file online gratis, gambar yang tampil tidak akan memiliki ukuran dan warna standar seperti original.

Satu lagi sebenarnya kelebihan yang dimiliki hanya pada Infografik yaitu mampu menyampaikan pesan lebih banyak ke pembaca hanya dengan gambar, dan pastinya lebih mudah dipahami.

3.  Membuat Video Untuk Membangun Backlink

Ini adalah teknik yang sekarang lagi gencar dilakukan oleh banyak master SEO. Mengunggah video dirasa lebih mudah untuk menggiring orang menuju ke situs kita. Cobalah perhatikan, berapa banyak video youtube yang telah di embed oleh situs-situs online. Mereka memiliki membenamkan video tersebut ketimbang reupload. Alasannya karena memang akan menghabiskan banyak bandwith. Selain itu, efektivitas video lebih bisa di andalkan terkait pemikiran dasar manusia ingin mengetahui sesuatu hal yang membuat penasaran, dan video mampu melakukan itu dengan baik.

4. Rajin Membalas Komentar Pada Artikel Yang Disukai Banyak Orang.

Ini adalah cara klasik yang tetap efektif untuk membangun backlink secara sehat. Tidak hanya membuatmu lebih atraktif tetapi juga akan memberikan kepercayaan kepada orang lain untuk membagikan artikelmu. Mendapatkan backlink secara natural dari cara ini bukan hal yang mustahil.
Memberikan jawaban yang mereka inginkan adalah senjata utama dalam meraih simpati pembaca. Kamu bisa menyisihkan waktu blogging mu untuk memperhatikan komentar pembaca dan meresponnya dengan baik sesuai kemampuan. Kamu bisa juga mendapatkan informasi lebih dari berbagai sumber berita.

5. Memberikan Penawaran Gratis Sebagai Bentuk Murah Hati

Pernahkah kamu berfikir, kenapa ada orang yang mau membagikan template blog secara gratisan ?? Sebagian mereka memang akan mengurangi beberapa akses widget pada template free version dan mmenawarkan pembelian dalam versi premiumnya. Tetapi sebenarnya yang paling menguntungkan (dalam hal SEO) bagi mereka adalah credit yang ditanamkan ke dalam kode HTML template tersebut.

Metode ini menjadi salah satu cara yang jarang dibuka pada artikel tips trik SEO. Karena hampir semua trik SEO yang sering kamu temui memberikan cara-cara instan yang merupakan dasar SEO.
Kamu bisa mengambil teknik ini sebagai opsi. Karena memang tidak semua pemain situs memiliki kemampuan membuat sesuatu yg menarik untuk dibagikan. Tetapi untuk menjadi pertimbangan, metode ini tidak hanya akan membuat backlink-mu semakin banyak, tetapi juga memiliki kemungkinan abadi. Meskipun begitu, link yang terbangun dari metode ini memiliki kemungkinan kurang baik.

Yang harus kamu ingat : 
Hindari untuk mengambil karya orang dari situs lain dan memberikan cuma-cuma dengan mengatasnamakan milikmu. Setidaknya cantumkan sumber utama untuk sesuatu yang kamu bagikan dari orang lain.

Sumber : sneeit.com



Share this :

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔