8 Type Kecerdasan Berfikir Pada Manusia

07.16
8 Type Kecerdasan Berfikir Pada Manusia
8 Type Kecerdasan Berfikir Pada Manusia
Artwilliablog - Setiap manusia dilahirkan dengan jenis dan tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Semua itu menjadikan setiap manusia unik di antara manusia lainnya. Sebenarnya stigma "bodoh" dan "pintar" terjadi karena pola pikir manusia yang pada dasarnya selalu mengikuti culture yang berlaku di dalam satu komunitas atau wilayah tertentu. Contohnya di Indonesia, seorang siswa yang tidak lulus ujian matematika biasanya dianggap bodoh. Padahal mungkin karena memang sang anak lemah pada kecerdasan matematis, tetapi memiliki kecerdasan lain yang lebih dominan. 8 Jenis kecerdasan berfikir ini bisa di jadikan pelajaran bagi para orang tua maupun guru untuk bisa lebih mendekatkan metode pendidikannya pada jenis kecerdasan yang dimiliki sang anak. Lebih penting lagi, mengetahui type kecerdasan untuk diri sendiri bisa membantu kita untuk menentukan arah (visi) hidup masing-masing.

Mengenali kecerdasan diri sendiri sangat penting karena akan membentuk pola pikir dan memantapkan visi diri sendiri. 

Menurut Musfiroh (2008/1/3) dengan penelitian tentang kecerdasan manusia dan menggunakan pendekatan psikometris menggatakan bahwa : kecerdasan dipandang sebagai sifat psikologis yang berbeda pada setiap individu. Kecerdasan dapat diperkirakan dan diklasifikasi berdasarkan tes intelegensi. Sementara itu, seorang tokoh pengukuran intelegensi, Alfred Binet mengatakan bahwa kecerdasan adalah kemampuan yang terdiri dari tiga komponen yaitu ;

  • Kemampuan untuk mengarahkan pikiran atau tindakan
  • Kemampuan untuk mengubah arah pikiran atau tindakan
  • dan Kemampuan untuk mengkritisi pikiran dan tindakan diri sendiri. 
8 Type Kecerdasan Berfikir Pada Manusia
artwillia.blogspot.com

Berikut ini adalah type kecerdasan yang ada pada manusia ;


Kecerdasan Matematis-Logis

Kecerdasan ini berhubungan dengan ketrampilan dalam mengolah angka dan menggunakan logika dengan baik. Memiliki kepekaan logika, hukum sebab akibat, dan perhitungan jumlah. Orang yang memiliki kecerdasan matematika akan lebih bijaksana dalam mengambil keputusan logis. Kecerdasan Matematis dapat di nilai dari beberapa hal sebagai berikut :

  • Memiliki kemampuan mengurutkan angka dari kecil ke besar misalnya 1 sampai 100
  • Menguasai konsep matematika dasar hingga atas
  • Menguasai konsep logika matematis sederhana misalkan : besar, lebih besar dan paling besar


Kecerdasan Kinestetik

Menurut ahli, Kecerdasan Kinestetik adalah kemampuan untuk menguasai fungsi seluruh tubuh (fisik) dalam mengekspresikan ide dan perasaan. Jadi kecerdasaan ini mendukung eksplorasi bahasa tubuh dan menggunakannya untuk menyampaikan informasi. Biasanya kecerdasan ini dimiliki oleh orang yang mencintai seni tari, olah tubuh, dan aktivitas eksplorasi fisik lainnya. Indikator kecerdasan Kinestetik bisa dinilai melalui beberapa hal sebagai berikut :

  • Mampu mengekspresikan diri menggunakan semua anggota tubuhnya (Kepala, Tangan, Kaki, dll) secara luwes mengikuti alunan musik (contoh:penari)
  • Mampu mendemonstrasikan kemampuan motorik kasar 
  • seperti melompat dan berlari dengan berbagai variasi.


Kecerdasan Musikal

Kecerdasan musikal adalah kemampuan untuk mengkombinasikan suara menjadi satu nada yang selaras dan nyaman di dengar. Hal ini bisa diartikan kecerdasan dalam aransemen musik ataupun bernyanyi. Orang dengan kecerdasan ini memiliki kepekaan yang kuat akan keserasian suara yang diterima oleh indra pendengarannya. Mampu mengeksplorasikan imajinasinya melalui paduan suara alat musik maupun nyanyian. Indikator untuk orang yang memiliki kecerdasan musikal ini lebih mudah karena kecerdasan ini hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu dan output dari kecerdasan ini bisa dinikmati oleh orang secara langsung.


Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan Linguistik adalah kemampuan seseorang dalam mengolah kata. Orang-orang dengan kecerdasan ini biasanya lebih dekat dengan hal yang berhubungan dengan bahasa yang tertata seperti menulis artikel, membaca, narasi ataupun pidato. Salah satu tokoh Indonesia yang bisa dikatakan memiliki kecerdasan linguistik ini adalah Bapak Proklamator kita yaitu Ir, Soekarno yang berhasil membakar semangat rakyat Indonesia untuk bangkit dan membangun kemerdekaan.


Kecerdasan Spasial

Orang dengan kecerdasan spacial erat kaitannya dengan dunia desain dan karya seni. Kecerdasan Spasial adalah kemampuan orang untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas dari imajinasinya. Gampangnya, ibarat seorang desainer yang mampu melihat hasil akhir dari gambar yang akan dia buat di awal proses. Orang-orang dengan kecerdasan ini biasanya akan dapat membuat keputusan dengan tepat karena memiliki pertimbangan yang lebih mantap.


Kecerdasan Interpersonal

Ini adalah kecerdasan yang dimiliki oleh orang yang senang berorganisasi, berkumpul dan berkomunitas. Orang dengan kecerdasan ini biasanya memiliki kewibawaan, dihormati oleh orang lain, dan mampu memimpin orang lain dalam sebuah komunitas untuk menyelesaikan suatu kegiatan atau pekerjaan. Kecerdasan ini penting untuk dimiliki oleh seorang pemimpin perusahaan atau organisasi.


Nah, itu dia 8 type kecerdasan manusia. Temen-temen bisa mulai mengenali kecerdasan masing-masing untuk bisa lebih fokus mengembangkan kecerdasan tersebut pada level tertinggi. Mengenali kecerdasan diri sendiri sangat penting karena akan membentuk pola pikir dan memantapkan visi diri sendiri. Setiap orang bisa dianugrahi lebih dari satu type kecerdasan, tetapi biasanya akan ada yang mendominasi. Nah, Kecerdasan manakah yang mendominasi di dalam dirimu.



Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔