Ini Dia Faktor Kegagalan Promosi di Facebook

11.56
Ini Dia Faktor Kegagalan Promosi di Facebook

Saat ini sosial media menjadi tujuan utama para pelaku online untuk memperkenalkan atau pun memasarkan produknya. Cukup banyak yang berhasil dengan sistem promosi media sosial ini. Tetapi tidak sedikit juga yang menemukan jalan buntu karena respon perbuker kurang terhadap postingan kita.  Hal yang perlu diketahui adalah bahwa fakta Facebook sebagai media sosial sangatlah efektif untuk promosi karena mampu berinteraksi secara langsung. Bahkan facebook sendiri sangat mendukung para pemain online untuk mempromosikan semua hal di facebook.Lalu kenapa masih ada yang tidak mendapatkan apa-apa dari sistem promosi Facebook ini ? berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan sesorang ketika berpromosi di Facebook.

Kesalahan 1 : Menggunakan Akun Facebook Pribadi Dalam Promosi.
Tahukah bahwa facebook membatasi jumlah pertemanan profil facebook personal hanya sampai pada 5000 teman ? Ini menjadi kesalahan pertama ketika seseorang mencoba berpromosi melalui akun pribadinya. Selain jangkauannya terbatas, berpromosi menggunakan akun pribadi akan memberikan interpretasi yang kurang profesional dan terpercaya. Meskipun tetap bisa mendatangkan trafik pengunjung, tetapi akun pribadi/personal kurang efektif untuk promosi. Tetapi bisa dijadikan sebagai alat promosi pendukung. Solusinya ? Cobalah membuat FansPage yang sudah difasilitasi oleh Facebook. Facebook Fanspage mampu menjangkau pemirsa yang lebih banyak di bandingkan dengan akun pribadi. Selain itu pengunjung juga akan melihat promosi kita lebih profesional dan terpercaya.

Telah banyak yang membuktikan berpromosi melalui Fanspage lebih efektif dibandingkan dengan wall pribadi. Ini dikarenakan fanpage hanya akan di lihat dan di like oleh orang yang benar-benar tertarik dengan topik yang kita lemparkan. Nah, untuk mempromosikan fanspage ini awalnya kita bisa membagikannya di wall pribadi kita ataupun mengundang teman / akun lain untuk menyukai halaman kita. Tentu saja dengan acra yang etis dan tidak spaming. Ingat bahwa kelebihan dari facebook ini adalah pada karakteristik viralnya yang mampu menjangkau viewer secara luas dan cepat ketika terdapat topik atau isu menarik yang kita bagikan.

Kesalahan 2 : Hanya Mengandalkan Facebook Sebagai Satu-Satunya Alat Promosi.
Facebook memang telah mendapatkan pengakuan sebagai medium sosial yang sangat ampuh. Tetapi dalam hal promosi ada banyak faktor yang saling terkait dan menunjang. Kita harus pintas mengkolaborasikan semua aspek promosi agar apa yang kita tawarkan cepat dikenal orang lain. Saat ini sumber traffik viewer terbesar masihlah dipegang oleh Google, kemudian Facebook, disusul oleh Twitter dan masih banyak lagi. Ketika kita mampu mengkolaborasikan beberapa alat promosi maka akan semakin efektif penawaran kita dei kenal orang lain.

Kesalahan 3: Tidak Pernah Aktif di Grup-Grup Facebook
Group di facebook merupakan salah satu peluang pemasaran yang tidak bisa diabaikan. Salah satu kelebihan group adalah memberikan kesempatan bagi kita untuk berpromosi dengan orang diluar jaringan kita. Semua anggota group akan terjangkau oleh postingan kita meskipun kita tidak berteman dengan mereka atau menyukai Fanspage kita. Akan lebih baik kita rajin mencari group yang aktif daripada rutin memposting setiap hari di wall pribadi atau fanspage kita yang masih sedikit peminatnya.

Kesalahan 4: Memposting Semua Artikel Ke Dalam Wall FP
Ingatlah bahwa postingan di facebook hanyalah untuk memancing rasa penasaran orang lain untuk mengunjungi blog/situs utama kita. Jika kita memposting semua isi artikel di dalam situs/blog yang kita miliki maka tidak ada yang menarik lagibagi orang lain  untuk mengunjungi situs utama. Tetapi sebaliknya, memposting sedikit cuplikan artikel tetapi bukan bagian utama juga termasuk kesalahan. Apalagi hanya menampilkan link tanpa ada pengantar yang menarik. Buatlah kalimat cuplikan yang mendiskripsikan isi blog utama, buat orang lain menjadi penasaran dengan kata-kata yang baik, kemudian berikan sugesti orang lain untuk mengunjungi situs utama kita. Memang sedikit memerlukan kreatifitas kita dalam membuat kata-kata. Tetapi akan memberikan efek yang besar terhadap promosi kita.

Kesalahan 5: Inkonsisten
Konsistensi adalah hal utama yang harus dimiliki oleh setiap orang yang merintis sesuatu. Entah itu pekerjaan atau pun berkarya bentuk lain. Tanpa konsistensi semua hanya akan berhenti di tengah jalan. Sementara itu, adalah hal yang wajar ketika kita merintis sesuatu, orang lain masih terkesan enggan dengan apa yang kita tawarkan. Tetapi jangan patah arang. Semua hal yang ditekuni akan memberikan hasil yang seimbang. "Hasil Tidak Akan Membohongi Usaha". Terus berikan informasi yang menarik terkait apa yang kita tawarkan. Mungkin orang lain tidak sedang membutuhkan apa yang kita tawarkan, tetapi dengan promosi yang baik dan etis, akan membuat sedikit demi sedikit orang melirik penawaran kita.

Kesalahan 6: Miskin Kosa Kata dan Kreatifitas Dalam Menulis Artikel.
Untuk hal yang satu ini tidak bisa dibantahkan lagi. Segencar apapun promosi, sebaik apapun barang/jasa yang kita tawarkan, ketika kita tidak mampu mengemas dalam kalimat yang baik, mustahil bagi orang lain untuk tertarik. Ada beberapa topik pembahasan yang sampai saat ini selalu menjadi trending topik baik dimedia sosial ataupun portal berita seperti gosip, berita politik, keagamaan, kesehatan dan masih banyak lagi. Bahkan banyak yang menggunakan gosip dan hoax untuk meningkatkan traffic situsnya. Tetapi perlu di ingat untuk selalu memberikan informasi yang benar dan tidak menyesatkan. Meskipun akan memberikan impact pada trafik situs kita secara signifikan, tetapi menyebarkan gosip negatif atau bahkan hoax akan memberikan dampak buruk pada perbincangan dunia maya atau bahkan terbawa hingga dunia nyata. Ini terkait dengan etika kita.

Kesalahan 7: Pasive Interaksi dan Memberikan Suggesti Pembaca Untuk Membagikan Artikel Yang Kita Berikan.
Selain beberapa kesalahan yang sudah disebutkan di atas, salah satu hal yang harus kita lakukan adalah memberikan sugesti pembaca untuk membagikan apa yang kita berikan. Karena ini lah prinsip kerja dari sosial media seperti facebook. Mungkin artikel yang kita berikan menarik untuk dibaca, tetapi pembaca terkadang tidak berniat untuk membagikannya, nah untuk itu disarankan untuk memberikan dorongan bagi pembaca untuk membagikan artikel kita. Lebih baik lagi jika disertakan tombol like atau share untuk mempermudah orang lain melakukannya.

Share this :

First
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔